8 Ciri Kolam Koi Yang Baik

Seluruh pemelihara koi pasti mau mempunyai suatu kolam dengan sistem filter yang baik supaya koi peliharaannya bisa berkembang dengan baik serta sehat.

Setelah itu yang jadi persoalan merupakan,“ Gimana kamu dapat mengenali suatu kolam, apakah telah berperan dengan baik?”

Ciri Kolam Yang Baik

Memperhitungkan mutu suatu kolam koi, bisa dicoba dengan mengamati secara raga terhadap keadaan kolam. Sebagian perihal berikut ini merupakan cici- ciri kolam koi yang baik, bila dilihat dari penampilannya ialah:

1. Luas kolam

Luas kolam merupakan perihal sangat berarti dalam memelihara koi. Kolam yang sangat kecil, pasti hendak menghalangi ruang gerak koi. Koi membutuhkan ruang gerak yang lumayan buat bisa hidup dengan aman serta berkembang secara optimal. Oleh sebab itu, hendaknya luas kolam minimun yang dibutuhkan merupakan dekat 6 m2.

2. Wujud Kolam

Wujud kolam yang baik merupakan mempunyai dimensi panjang serta lebar yang balance. Misalnya bila panjangnya 3 m hingga hendaknya mempunyai lebar dekat 2- 3 m. Kenapa demikian? Karena dengan penampang kolam yang luas hingga berikan ruang gerak yang lumayan buat koi. Jauhi membuat kolam yang berupa memanjang semacam parit, terlebih yang berkelok- kelok. Perihal ini pasti hendak membuat penampilan lebar kolam nampak kecil serta menghalangi ruang gerak koi.

3. Kedalaman Kolam

Idealnya, kolam koi mempunyai kedalaman antara 1– 1, 2 meter. Tetapi demikian, kedalaman air kolam pula wajib disesuaikan dengan luasnya. Jauhi membuat kolam yang kecil tetapi dalam. Perihal ini kurang baik dari sisi penampilan karena semacam suatu sumur. Bila memanglah luas kolam kamu 5 ataupun 6 m2, hingga kedalaman kolam lumayan 1 m saja. Terus menjadi luas panampang kolam, boleh saja meningkatkan kedalamannya. Tetapi demikian, kolam yang luas lagi dalam, umumnya buat memelihara koi dengan dimensi besar ataupun jumbo. Bila kamu memelihara koi dengan dimensi rata- rata dibawah 50 centimeter, hingga dengan kedalaman kolam 1 m saja telah lumayan baik.

4. Air yang bening

Memanglah, air yang bening bukan dan merta berarti membuat koi hidup dengan aman. Tetapi yakinkan kalau air yang bening merupakan hasil proses filterasi yang baik serta benar. Dengan demikian, bila air kolam kamu nampak keruh, hingga berarti proses filterasi belum optimal, sehingga butuh kamu cek lagi pada sistem filternya, apakah secara teknis telah benar serta pemakaian media filter telah cocok dengan gunanya.

5. Tidak berbusa

Pada permukaan air kolam yang baik, tidak terdapat busa. Jadi hendak nampak bersih serta bening pada permukaan airnya. Perihal ini dapat saja sebab kolam sudah dilengkapi lobang skimmer, buat menangkap busa ataupun gelembung pada permukaan air. Ataupun dapat pula sebab di dalam sistem filternya telah dilengkapi dengan memakai Rotary Drum Filter( RDF) ataupun instalasi skimmer.

Air yang berbusa dapat pula selaku gejala terdapatnya koi yang sakit ataupun sudah terjalin proses pemijahan.

5. Aerasi

Aerasi merupakan proses buat tingkatkan kandungan oksigen yang larut dalam dalam air. Sebagian metode buat menaikkan aerasi merupakan dengan membuat air terjun ataupun air mancur. Tetapi yang butuh dicermati merupakan posisi tumbangnya air dari air terjun ataupun air mancur tidak sangat besar. Tumbangnya air idealnya dekat 30 centimeter dari permukaan air kolam. Kenapa demikian? Karena bila titik tumbangnya air sangat besar hendak memunculkan busa halus, akibat percikan air dari ketinggian.

Oleh karena itu, buatlah air terjun yang bisa membentuk jatuhan air semacam kipas dengan ketinggian dekat 30 centimeter saja. Tetapi demikian, perihal ini tidak menciptakan aerasi yang lumayan. Buat itu tambahkan pompa hawa ataupun air blower buat mempertahankan kandungan oksigen yang lumayan.

6. Koi bergerak aktif

Salah satu karakteristik kolam yang baik merupakan koi bergerak aktif ke seluruh penjuru. Tidak terdapat satupun koi yang berdiam diri. Seluruh koi berenang

dengan tenang tanpa henti. Dengan demikian bila terdapat koi yang nampak diam, yakinkan kalau koi tersebut tidak lagi terkena penyakit. Hendaknya kamu memelihara koi sedikit saja tetapi bermutu.

7. Koi jinak

Koi nampak jinak serta dengan kilat bergerak mendekati kamu, terlebih bila kamu lagi memberinya pakan langsung dari tangan( hand feeding). Kolam yang baik hendak membuat koi tidak merasa khawatir serta kamu dengan gampang mengelusnya dikala koi mendekat.

8. Warna Koi cemerlang

Kolam yang baik menciptakan mutu air yang diperlukan oleh koi, sehingga membuat koi merasa aman. Bila koi merasa aman, hingga penampilan rupanya pula hendak nampak brilian.

Demikianlah 8 perihal selaku identitas kolam koi yang baik. Bila kolam kamu mempunyai seluruh identitas tersebut, hingga dapat ditentukan kalau kamu sudah sukses membangun kolam yang baik buat koi.

Mudah- mudahan berguna..

Doni Bastian